Packet Tracert

Packet tracer adalah software simulasi jaringan (Network Simulation) yang di gunakan untuk membuat sebuah topologi ataupun layout jaringan sebelum membuat jaringan yang "sebenarnya". Packet tracer terdesign sedemikian rupa sehingga simulasi yang dibuat oleh pengguna software ini seakan-akan seperti nyata. Selain packet tracer ada pula software simulasi jaringan lainnya seperti Boson NetSim, Router Sim Netrowk Visualizer, dan lain-lain yang belum saya ketahui.

Pada post ini saya akan berbagi ilmu kepada rekan-rekan semua, bagaimana cara membuat simulasi jaringan dengan menggunakan software packet tracer ver. 5.0. Namun, sebelum membuat sebuah layout jaringan ada baiknya jika kita mengenali software yang akan kita gunakan terlebih dahulu. :)



Ok, tanpa banyak banyak basa-basi, mari kita mulai dari tahap awal.

Buka program 5.0 (Start > Programs > Packet Tracer 5.0 > Packet Tracer 5.0)
Open Packet Tracer

Packet Tracer Tersusun dari:

1. Menubar dan toolbar.
2. Logical, dimana kita akan membuat sebuah simulasi jaringan pada tab bagian ini.
3. Physical, untuk membuat layout atau bentuk dimana setiap periferal diletakkan dengan baik dan rapi. Pada tab ini rekan-rekan bisa membuat sebuah kota, gedung dan ruangan.
4. New Cluster, untuk mengelompokkan beberapa periferal menjadi 1 jaringan.
5. Move Object, untuk memindahkan periferal ke cluster yang berbeda.
6. Set Tiled Background, berfungsi untuk mengubah background pada stage.
7. Viewport, untuk melihat keseluruhan jaringan yang telah dibuat.
8. Tools packet tracer yang digunakan untuk mem-Blok, mengeser stage, Menyisipkan catatan atau keterangan, menghapus periferal, zooming, untuk mengetest jaringan.
9. Stage untuk menaruh setiap periferal yang dibutuhkan, disini rekan-rekan bisa menaruh semua periferal yang diinginkan tergantung dari layout jaringan sepeti apa yang dimaksud.
10. Network periferal, semua kebutuhan alat-alat jaringan terdapat pada bagian ini. Mulai dari router, switch, hub, wireless, server, printer, PC, koneksi yang akan dibuat, dan lain-lain.
11. Sub Network periferal, pada bagian ini rekan-rekan bisa memilih devices sesuai yang diinginkan.
12. Untuk membuat sebuah skenario.
13. Status, Keterangan jika kita ingin mengtest suatu PC ke PC, apakah failed atau succesful.
14. Realtime, dimana kita bisa meng-edit, copy, paste, delete layout jaringan yang sedang kita buat.
15. Simulation, tab ini adalah proses untuk simulasi jaringan. Jadi, ketika rekan-rekan memilih tab ini proses simulasi akan segera dimulai.

Demikian sharing kita pada Learn packet tracer - 1 ini. Kita akan lanjutkan sharing tentang Packet Tracer pada sharing berikutnya.

Posted By : Rendy Wirawan
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment

Posting Komentar

Silakan berkomentar, Anda bebas menyampikan kritik, saran, serta aspirasi Anda dengan menyampikan komentar Anda pada kotak komentar ini. :)